Perjalanan Kawasaki Ninja di dunia otomotif

Kawasaki Manado – PT. Istana Berkat Gemilang. Sudah 3 dekade  pabrikan motor asal Jepang Kawasaki meluncurkan motor sport Kawasaki Ninja sebagai produk yang dirilis di seluruh dunia. Sudah banyak prestasi yang berhasil dicapai baik yang berkaitan dengan produk ataupun pencapaian dalam hal balap motor. Perayaan 30 tahun diluncurkannya Ninja yang iconic ini sudah sangat terasa sejak 2014 lalu. Tak dapat  dipungkiri bahwa sejak kemunculannya yang perdana, seri Ninja ini telah menyumbangkan kontribusi positif bagi perusahaan. Hingga saat ini motor Ninja diklaim sebagai motor sport dengan performa prima yang dapat ditunggangi di jalan umum atau pun sirkuit balap. Dalam menggarap motor sport, yang menjadi trademark Kawasaki adalah kendaraan-kendaraan dua dan empat silinder.

Perjalanan Kawasaki Ninja di dunia otomotif

Inilah perjalanan seri Kawasaki Ninja ini sejak pertama kali diperkenalkan 30 tahun yang lalu.

Decade pertama (1984 – 1994)
Motor iconik ini diperkenalkan di tahun 1984 dengan tipe GPZ900 atau akrab disebut Ninja 900 dengan mesin empat silinder plus pendingin air. Pada tahun yang sama Ninja 900 sukses meraih rekor tertinggi dalam kecepatan yang mencapai 169.45 km/jam. Generasi yang diperkenalkan selanjutnya adalah NinjaEX-250 yang didesain klasik dan stylish. Berikutnya adalah Ninja ZX750-J1 street machine serta Ninja ZX750-K1 homoglated racer. Motor-motor tersebut lebih berorientasi untuk dikendarai di sirkuit balap bila melihat spesifikasi yang diusungnya.

Di tahun 1994 Kawasaki kembali meluncurkan generasi Ninja yang terbaru yaitu Ninja ZX900-B1 dengan pimpinan tim desain Z1 legendaris, Gyoichi Ben Inamura. Inilah generasi perdana Kawasaki Ninja dengan mesin supersport. Keunggulannya antara lain adalah mesin empat silinder berpendingin air yang responsive serta jaminan kenyamanan bagi penunggang motor canggih pada zamannya tersebut.

Decade kedua (1995-2004)
Berikutnya pada tahun 1995, Kawasaki meluncurkan Ninja ZX600-F1 yang menerapkan kelas supersport berkapasitas menengah. Motor ini langsung naik daun dan menjadi motor sport 600 cc yang paling diminati, kuat, serta paling menarik dari segi desain. Tak menunggu lama, di tahun berikutnya Kawasaki kembali merilis ZX-7R yang dibekali mesin ikonik khusus bagi penunggang setia Kawasaki. Tampilannya sangat elegan, sasis-nya begitu kuat, serta diklaim mempunyai daya tahan luar biasa. Popularitas motor tersebut dapat bertahan sampai tahun 2004.

Kemudian di tahun 1998, Kawasaki meluncurkan Supersport Ninja ZX900-C1 dengan mesin sport yang semakin responsive dan cocok untuk berkendara dengan jarak yang jauh. Di tahun 200 ada Project 320 yang menelurkan Ninja ZX-12R dengan gabungan seluruh pengalaman Kawasaki pada bidang teknik menjadi sebuah mesin canggih Hyper-Performance. Di tahun 2002, Kawasaki melakukan penyegaran pada Ninja ZX-6R dengan mesin berkapasitas 636 CC. terakhir di tahun 2004, Kawasaki kembali meluncurkan seri Ninja yang dinamakan ZX-10RC yang mengombinasikan tenaga kuda ultra tinggi dengan sasis serta suspense yang responsive.

Decade ketiga (2005-2014)
Di tahun 2006, Kawasaki berusaha mendekatkan diri kepada konsumen dengan meluncurkan Ninja ZX-10R yang mengadopsi gaya terbaru, yaitu knalpot kembar di bawah jok serta mesin tangguh dengan meningkatkan output dari model terdahulu yang berkonsentrasi pada desain sasis sirkuit balap. Di tahun 2008 Ninja ZX-10R kembali disegarkan dengan bekalan beragam teknologi seperti sasis twin spar backbone, radial mount calipers, injeksi bahan bakar sekunder, dan lain-lain. Di tahun berikutnya Kawasaki kembali memberi wajah baru pada Ninja ZX-6R dengan Big Piston Front Pork, transmisi cassette

Style, serta pengurangan bobot hingga 10 kg. lagi-lagi di tahun 2011 Kawasaki kembali memodifikasi ZX-10R dengan fitur sebagaimana Sport Kawasaki Traction Control serta intelligent anti lock Brake System untuk meningkatkan fitur keamanan. Terakhir di tahun 2014, untuk merayakan 3 dekade Ninja ini sudah melanglang buana ke seluruh dunia, Kawasaki meluncurkan sekaligus 3 tipe terbaru yaitu Ninja ZX-10R, ZX-6R, dan 300 30th Anniversary Ninja. Motor terganas Kawasaki Ninja H2 juga dipamerkan di depan umum pada eksibisi Intermot di Jerman pada tahun tersebut. Semoga bermanfaat!

Check Also

Kawasaki Promo 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *