Ini dia 12 Tips memilih kendaraan pribadi (motor)

Tips memilih kendaraan pribadi - Kawasaki

Kawasaki Manado – PT. Istana Berkat Gemilang. Selain mobil, motor adalah salah satu kendaraan pribadi yang banyak menjadi pilihan masyarakat karena dapat menjadi solusi bagi masalah kemacetan. Tetapi banyaknya merek sepeda motor yang beredar di pasaran memang seringkali membuat kita merasa kebingungan. Sebagai referensi untuk Anda yang berniat membeli kendaraan beroda dua tersebut dalam waktu dekat ini, simak ulasannya berikut ini.

Tips memilih motor yang baik

Jangan membeli motor sebelum Anda membaca panduan berikut ini.

  1. Melihat secara langsung – Bila ingin membeli motor Anda harus melihat secara langsung produk incaran Anda tersebut yaitu dengan mendatangi dealer atau showroom motor tersebut. Kadang-kadang gambar yang terpampang pada brosur bisa berlainan dengan bentuk asli kendaraan tersebut. Jadi demi kepuasan Anda sebaiknya datanglah secara langsung.
  2. Memilih dealer resmi – Anda harus waspada memilih dealer terbaik karena dealer tak resmi seringkali memberikan hadiah menarik atau diskon besar. Padahal bisa saja komponen asli motor yang akan dijual telah diganti dengan yang abal-abal atau ada cacat pada motor yang membuat harganya menjadi murah.
  3. Survey harga – Sebaiknya sebelum membeli motor carilah informasi sebanyak-banyaknya berapa harga pasaran motor incaran Anda atau harga resmi yang dikeluarkan pihak perusahaan. Setiap dealer menawarkan harga yang berbeda-beda walaupun selisihnya mungkin tak terlalu besar. Anda bisa memilih dealer yang memberikan harga terendah.
  4. Bengkel resmi banyak – Sebaiknya memilih produk motor yang bengkel resminya mudah ditemukan di sekitar domisili Anda. Dengan demikian Anda tak akan kebingungan saat motor mengalami masalah. Selain itu bila bengkel resminya cukup menjamur tak akan sulit untuk mencari spare part yang diperlukan.
  5. Test drive – Bila ada teman yang sudah memiliki motor yang Anda inginkan, akan lebih baik bila Anda mencobanya terlebih dahulu. Dengan demikian Anda bisa semakin merasa nyaman dengan pilihan Anda.
  6. Menyesuaikan dengan bentuk tubuh – Sangat penting pula memilih motor yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda karena tak semua motor yang tengah banyak diminati atau sedang trend cukup ergonomis.
  7. Sesuai kebutuhan – Dalam memilih jenis motor sebaiknya juga disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Bila jalan yang akan Anda lewati setiap hari tak terlalu mulus atau banyak tanjakan sebaiknya jangan memilih motor matic.
  8. Mahal bukan jaminan – Jangan hanya memprioritaskan harga dalam menilai kualitas motor. Perawatan yang tepat dan rutin serta spare part yang mudah diperoleh akan membuat motor yang dibeli dengan harga terjangkau mempunyai umur yang panjang.
  9. Sesuai dana yang tersedia – Berkaitan dengan harga motor sebaiknya belilah motor sesuai dengan budget atau dana yang tersedia. Jangan sampai membeli motor yang harganya mahal tetapi faktanya kualitasnya sama dengan motor biasa walaupun penampakannya tampak lebih gahar.
  10. Beli tunai atau kredit – Membeli motor secara tunai memang sangat disarankan agar Anda tak perlu membayar harga motor plus bunga yang bisa jadi cukup tinggi. Tetapi bila tak memungkinkan untuk membeli secara tunai perhitungkan dengan baik kemampuan bayar Anda. Sudah banyak pemilik kendaraan yang motornya ditarik karena tak mampu membayar angsuran.
  11. Kelengkapan motor – Jangan lalai untuk memperhatikan kelengkapan motor, seperti helm, jaket, buku manual, buku servis, kunci-kunci standar, dan sebagainya. Ini adalah standar penjualan motor yang harus Anda peroleh.
  12. Jaminan purna jual – Perhatikan garansi yang diberikan oleh dealer tempat Anda membeli motor agar bisa melakukan complain bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan pasca penjualan.

Nah, semoga 12 tips memilih dan membelian sepeda motor di atas bisa menjadi referensi terbaik Anda.

 

Check Also

Kawasaki Promo 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *